paket travel umrah haji ramadhan 2016 jakarta
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Manasik » inilah syarat rukun dan wajib Haji

inilah syarat rukun dan wajib Haji

(1612 Views) April 28, 2016 9:08 am | Published by | Comments Off on inilah syarat rukun dan wajib Haji

Panduan Manasik Haji lengkap — Ibadah Haji hukumnya wajib sekali seumur hidup bagi yang mampu (istitho’ah). Waktu mengerjakan haji pun dilakukan pada waktu tertentu, yaitu sekali dalam setahun pada bulan haji (Dzulhijjah), yaitu pada saat jamaah haji wukuf di Padang Arafah pada hari Arafah (9 Dzulhijjah), hari Nahr (10 Dzulhijjah) dan hari-hari Tasyriq (11 s.d. 13 Dzulhijjah).

Syarat Wajib Haji

Merupakan syarat yang wajib/musti dipenuhi bagi seorang muslim sehingga baginya diwajibkan untuk melaksanakan ibadah haji dan jika tidak atau belum memenuhi syarat-syarat wajib tersebut maka baginya belum wajib untuk menunaikan ibadah haji.

Berikut ini adalah syarat-syarat wajib haji :

  1. Islam
  2. Baligh (dewasa)
  3. Aqil (berakal)
  4. Merdeka (bukan hamba sahaya)
  5. Istitha’ah (mampu).

Istitha’ah artinya mampu, yaitu memiliki kemampuan untuk melaksanakan ibadah haji dilihat dari segi:

a. Jasmani: yaitu Sehat dan kuat badannya, agar tidak kesulitan dalam melaksanakan ibadah haji.

b. Rohani:

c. Ekonomi:

  1. Mampu membayar Biaya Haji (reguler maupun plus)  yang ditentukan oleh pemerintah yang berasal dari usaha/harta yang halal.
  2. Pembayaran (BPIH) Biayapenyelenggaraan Haji  bukan berasal dari sumber matapencaharian satu-satunya yang apabila dijual menyebabkan kemudaratan bagi diri dan keluarganya.
  3. Memiliki biaya serta ongkos (meninggalkan uang) hidup bagi keluarga di rumah yang ditinggalkan.

d. Keamanan:

Rukun Haji

Yaitu suatu Amalan/kegiatan/aktifitas yang wajib dan musti dilakukan dalam melakukan ibadah haji, jika tidak dikerjakan maka hajinya tidak sah atau batal.

Rukun Haji merupakan rangkaian amalan yang wajib/musti dilakukan dalam ibadah haji dan tidak dapat diganti dengan yang lain, walaupun dengan membayar  dam sekalipun. Sehingga rukun haji bila ditinggalkan maka ibadah hajinya tidak sah.

Rukun Haji Yaitu:

  1. Ihram (niat) yaitu mengerjakan ibadah umrah atau haji dengan mengenakan atau memakai pakaian ihram yakni kain yang berwarna putih tanpa jahitan dengan niat umrah atau haji di miqot.
  2. Wukuf adalah berdiam diri, melakukan dzikir serta berdoa di Padang Arafah pada tanggal 9 dzulhijjah sejak tergelincir matahari hingga terbitnya fajar pada tanggal 10 dzulhijjah.
  3. Tawaf Ifadhah yaitu mengelilingi ka’bah sebanyak tujuh kali putaran dan melontarkan/melempar jumrah aqobah pada saat tanggal 10 dzulhijjah
  4. Sa’i yaitu berlari-lari kecil diantara bukit Shofa dan Marwah sebanyak 7X.
  5. Tahallul yaitu mencukur rambut atau bercukur minimal tiga helai rambut.
  6. Tertib yakni dikerjakan secara berurutan.

inilah syarat wajib haji rukun-dan-wajib-haji

Wajib Haji

Makna Wajib Haji yaitu rangkaian amalan yang harus dikerjakan dalam ibadah haji, bila tidak dikerjakan maka hajinya sah, akan tetapi harus membayar dam; dan berdosa jika secara sengaja meninggalkan wajib haji dengan tidak ada uzur syar’i.

yang merupakan Wajib haji adalah:

  1. Ihram, yakni niat berhaji dari Miqat
  2. Mabit di Muzdalifah
  3. Mabit di Mina
  4. Melontarkan/melempar Jumrah Ula, jumrah Wustha dan jumrah Aqabah
  5. Thawaf Wada’ (bagi yang akan meninggalkan Makkah).

Tuliskan pertanyaan dan komentar anda!

comments

This post was written by Zaenal
About

Situs ini bertujuan membantu memberikan referensi dan panduan serta tuntunan bagaimana cara manasik haji dan umroh lengkap beserta doa2 sesuai tuntunan Rasulullah. juga informasi tentang tips mudah dalam haji & Umroh. Blogger | Writer | SEO Enthusiast | Internet Marketer | Kumpulan manasik Haji & Umrah | Info Daftar Biaya Umrah 2016 |

Comment Closed: inilah syarat rukun dan wajib Haji

Sorry, comment are closed for this post.