paket travel umrah haji ramadhan 2016 jakarta
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Haji » Masjidil Haram sudah mulai dipadati jamaah haji

Masjidil Haram sudah mulai dipadati jamaah haji

(464 Views) August 20, 2016 10:19 am | Published by | Comments Off on Masjidil Haram sudah mulai dipadati jamaah haji

Jemaah haji 2016 mulai beribadah — Calon jamaah haji (Calhaj) dari berbagai negara mulai tampak memenuhi Masjidil Haram menjelang dimulainya puncak ibadah haji 1437h/2016m yang jatuh pada awal September.jemaah haji mulai ibadah

Jumat siang waktu Arab Saudi, berjuta jamaah dengan atribut negara asalnya tampak terlihat di antara para jamaah yang bersiap untuk mengikuti Shalat Jumat di Masjidil Haram.

Untuk jamaah haji perempuan, dapat dengan mudah dibedakan dari warna kerudung yang digunakan. Rombongan jamaah asal Bangladesh, contohnya,yang menggunakan beragam gradasi dari warna hijau, warna u dari India, serta merah muda digunakan jemaah asal  Sri Lanka.

Beberapa calon anggota jamaah juga tampak menggunakan pita warna-warni di kerudung mereka. Sedangkan, jamaah haji wanita asal Indonesia layaknya menggunakan pakaian ihram berwarna putih yang dilengkapi dengan pasmina berbagai warna yang menunjukkan embarkasi atau regu mereka.

Untuk jamaah pria, untuk yang mengenakan pakaian ihram sebab sedang melakukan umrah wajib sebagai rangkaian ibadah haji mereka dapat dikenali dari warna tas dan juga stempel negara yang melekat di kain ihram mereka.Sementara bagi yang tidak sedang melakukan umrah dan datang ke Masjidil Haram yang akan berjamaah Shalat Jumat mereka pada umumnya mengenakan pakaian dengan warna senada dengan kerudung jamaah perempuan dari negaranya.

Jamaah dari beberapa negara seperti Turki, Bangladesh, Malaysia juga Thailand terlihat telah berada di Mekkah sebelum kelompok pertama jamaah haji Indonesia sampai di Mekkah dari Madinah pada Rabu 17 agustus jam 23.50 waktu Arab Saudi.

Hingga Jumat dini hari (18/8), sebanyak 12 kl0ter terbang atau sekitar 4.700-an orang jamaah telah tiba di Makkah setelah melakukan shalat wajib 40 rakaat tanpa putus (ibadah arbain) di Masjid Nabawi, Madinah.

Sementara itu karena ceramah Shalat Jumat disampaikan dalam bahasa Arab, sebelum dimulai Shalat Jumat terdapat beberapa papan informasi di sekitar Masjidil Haram yang memberi tahu bahwa isi khutbah Jumat juga disiarkan dalam sejumlah bahasa yang lain antara lain Inggris, Urdu, Prancis dan Melayu.

Sejak Juni tahun inikabarnya sudah tersedia juga layanan dalam Bahasa Indonesia. hingga jamaah dapat mendengarkan terjemahan langsung melalui frekuensi radio yang sudah ditentukan dengan bantuan earphone.

Tuliskan pertanyaan dan komentar anda!

comments

Comment Closed: Masjidil Haram sudah mulai dipadati jamaah haji

Sorry, comment are closed for this post.