paket travel umrah haji ramadhan 2016 jakarta
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Haji » Jalur Resmi Adalah Syarat Wajib Berangkat Haji

Jalur Resmi Adalah Syarat Wajib Berangkat Haji

(319 Views) August 27, 2016 11:10 am | Published by | Comments Off on Jalur Resmi Adalah Syarat Wajib Berangkat Haji
jalur Resmi berangkat ibadah haji 2016

Jamaah Haji

Info Jamaah Haji 2016 — Antrian waktu tunggu yang mencapai dua digit di berbagai daerah membuat banyak warga negara Indonesia yang ingin berhaji melalui jalur resmi berputus asa.

Banyak cara ditempuh untuk mempercepat keberangkatan, salah satunya mengambil kuota negara lain yang tak memiliki antrian sepanjang Indonesia, sebut saja Malaysia, Filipina, Vietnam, Thailand dan Timor Leste.

Mulanya banyak yang akan memilih berangkat melalui Malaysia tetapi seiring makin panjangnya antrian di negara tetangga itu, sekarang ini beberapa orang mulai melirik Filipina sebagai negara titik tolak keberangkatan untuk berhaji.

Namun dikarenakan kuota suatu negara hanya diperuntukkan untuk warga negara itu sendiri, muncullah sindikat pembuat dokumen palsu, seperti paspor palsu. Dengan iming-iming segera berangkat ke Tanah Suci, tak sedikit jamaah Indonesia yang terbujuk.

Meskiipun kini kasus mereka sudah ditangani pemerintah melalui Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly sedang berupaya memulangkan mereka dan juga mencegah para WNI itu kehilangan status kewarganegaraannya. Namun kemunculan kasus tersebut kiranya merupakan sebuah peringatan bagi pemerintah untuk mengkaji ulang sistem antrian haji.

Bayangkan saja, berdasarkan data yang dikeluarkan Kemenag menunjukkan pada tahun 2015 saja masih terdapat 2,96 juta orang yang menanti untuk berangkat haji.

Daftar tunggu itu tidak hanya dalam hitungan bulan, atau pun tahun namun belasan tahun. Para calon jamaah haji dari sejumlah provinsi bahkan kadang harus rela menanti lebih dari 20 tahun untuk mendapatkan giliran pergi berhaji.

Data Kementerian Agama per 15 Juni 2016, yang disampaikan Ramadan Harisman, Direktur Pengelolaan Dana Haji Kementerian Agama, pada acara pembekalan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Non Klompok terbang di Asrama Haji Pondok Gede pada akhir Juni lalu, tentang waktu tunggu rata-rata haji reguler per provinsi, menunjukkan calon jamaah haji asal Provinsi Sulawesi Selatan memiliki waktu tunggu terlama yaitu 23,92 tahun.

Tuliskan pertanyaan dan komentar anda!

comments

Comment Closed: Jalur Resmi Adalah Syarat Wajib Berangkat Haji

Sorry, comment are closed for this post.