paket travel umrah haji ramadhan 2016 jakarta
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Berita » Pendaftaran dan pembatalan haji kian mudah

Pendaftaran dan pembatalan haji kian mudah

(1157 Views) May 31, 2016 11:38 am | Published by | Comments Off on Pendaftaran dan pembatalan haji kian mudah

Pendaftaran Haji Khusus — Kemenag memberikan kemudahan dalam proses pendaftaran haji khusus (ONH plus) maupun reguler serta pembatalannya.

Direktur pelayanan haji, Ahda Barori mengungkapkan, “Pendaftaran haji akan lebih efektif, lebih mudah, serta dipastikan tidak dipungut biaya lagi,” ketika Kegiatan Sosialisasi Kebijakan Pendaftaran dan Pembatalan Haji khusus dan Haji Reguler di Riau, batam.

baca juga : kumpulan manasik haji umrah lengkap

Menurutnya,  pendaftaran haji saat ini dipangkas dari sebelumnya 4 tahap menjadi dua tahap saja. Kebijakan haji terbaru ini tentunya akan  menjadikan proses pendaftaran haji menjadi kian mudah dan singkat.

 

Dikatakan Ahda, calon jamaah haji sekarang cukup membuka tabungan di Bank Penerima Setoran (BPS) Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Setelah mendapat validasi, calon jamaah bisa mengisi formulir pendaftaran haji di Kemenag domisili. “Kemudian cetak nomor porsi di sana, maka proses pendaftaran selesai. Tidak perlu bolak balik,” ujar Ahda.

Sebelumnya, calon jamaah haji harus kembali ke BPS BPIH setelah mendaftar di Kemenag domisili untuk mencetak nomor porsi. Dari BPS BPIH, jamaah harus kembali lagi ke Kemenag domisili untuk menyampaikan bukti cetak tersebut.

Kemudahan yang sama juga diberlakukan dalam pembatalan haji. Ahda menjelaskan, untuk melakukan pembatalan haji, calon jamaah selama ini harus mengurus ke  Kemenag Kabupaten/Kota  lalu ke Kanwil Kemenag Provinsi, baru ke Ditjen PHU. Sekarang dipangkas, tanpa harus ke Kanwil Kemenag provinsi. Artinya dari Kankemenag, langsung ke Ditjen PHU.

“Pembatalan haji khusus maupun reguler juga kian praktis dan transparan,” ungkap Ahda seperti dikutip dalam website resmi Kemenag.

Pengembalian uang  pembatalan haji pun diupayakan untuk bisa diterima kian cepat oleh setiap calon jamaah haji. Apabila sebelumnya jamaah haji dapat menunggu sampai 1 bulan, saat ini diupayakan paling lambat 11 hari.

“Sebelumnya calon jamaah haji tidak mengerti apakah uangnya sudah kembali atau belum, waktu menunggunya pun lama bahkan sampai sebulan lebih. Saat ini, diupayakan agar dapat selesai maksimal dalam waktu 11 hari,” ungkap Ahda.

“Selain itu, calon jamaah juga bisa ikut memantau bagaimana prosesnya. Bisa dilihat secara transparan uangnya sudah sampai di mana,” tambahnya.

Penerapan regulasi baru tersebut mengenai pendaftaran dan pembatalan haji khusus dan reguler rencananya dilaksanakan mulai April 2016.

sumber : regulasi.bisnis.com

Tuliskan pertanyaan dan komentar anda!

comments

This post was written by Zaenal
About

Situs ini bertujuan membantu memberikan referensi dan panduan serta tuntunan bagaimana cara manasik haji dan umroh lengkap beserta doa2 sesuai tuntunan Rasulullah. juga informasi tentang tips mudah dalam haji & Umroh. Blogger | Writer | SEO Enthusiast | Internet Marketer | Kumpulan manasik Haji & Umrah | Info Daftar Biaya Umrah 2016 |

Comment Closed: Pendaftaran dan pembatalan haji kian mudah

Sorry, comment are closed for this post.