paket travel umrah haji ramadhan 2016 jakarta
Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Berita » Alasan WNI Berangkat Haji dengan Kuota Negara Lain

Alasan WNI Berangkat Haji dengan Kuota Negara Lain

(351 Views) August 30, 2016 9:53 am | Published by | Comments Off on Alasan WNI Berangkat Haji dengan Kuota Negara Lain

jamaah haji indonesia yang tertahan di filipinaInfo Haji Dan Umroh 2016 — Kepolisian RI menduga karena kuota terbatas serta daftar antrian haji  menjadi motivasi 177 WNI yang tertahan di Filipina untuk berangkat ibadah haji menggunakan kuota haji milik negara lain. Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Agus Andrianto mengutarakan pengakuan salah satu korban penggunaan kuota haji Filipina bukanlah hal baru.

Bahkan cerita dari salah satu saksi mennyebutkan bahwa telahah pernah ada WNI yang lolos berangkat haji menggunakan paspor Filipina.  “Jadi menurut mereka ini bukan suatu hal baru, buktinya beberapa warga memang ada yang berhasil melalui Filipina. Itulah yang mungkin tersebar dari mulut ke mulut,” ujar Agus di Jakarta, Senin (29 Agustus).

Agus menuturkan, termotivasi dari yang lolos tersebut akhirnya tidak sedikit Calhaj yang ingin juga mengikuti jejak mereka menggunakan jalur Filipina. Sehingga setiap tahun peminatnya itu meningkat. “Terlebih kalau sudah berhasil lolos sekali, makin hari makin mau lagi dia, apalagi jika bisa loloskan banyak orang,” terangnya.

Agus sambung, Belum lagi para calhaj ini mendengar di Filipina haji dapat berangkat dengan cepat. Sehingga semakin memacu niat mereka melaksanakan rukun Islam ke lima ini.  “Jadi mereka selama ini mendengar ada haji yang lebih cepat, padahal kan jika nunggu minimalnya 10 tahun pakai daftar tunggu. Namanya ibadah pasti ada yang tertarik,” ujar Agus.

Saat ditanyakan apakah para Calhaj korban tahu bahwa mereka menggunakan paspor Filipina merupakan tindakan yang melanggar, menurut Agus mereka tentu saja tidak tahu.  “Namanya orang kampung dan urusannya ibadah. Saya yakin tak ada niat sedikitpun dari mereka untuk berganti kewarganegaraan. Semua itu konspirasi dari jaringan ini,” jelasnya.

Kata Agus lagi. Sedangkan untuk mendapatkan paspor Filipina para jamaah harus berangkat dua kali. Pertama untuk mengurus paspor lalu kembali lagi ke Indonesia dan saat jadwal keberangkatan tiba maka berangkat lagi.

“Mereka 2X berangkat ke Filipina, saat mengurus paspor kemudian saat menjelang berangkat ke Arab mereka ke Filipina lagi. Mereka ambil paspor yang udah jadi dan visa yang udah keluar juga. Makanya, mereka kan ketahuannya oleh pihak imigrasi saat mau berangkat,” jelas Agus.

Tuliskan pertanyaan dan komentar anda!

comments

Comment Closed: Alasan WNI Berangkat Haji dengan Kuota Negara Lain

Sorry, comment are closed for this post.